MENGAPA PILIH UMS ?

MENGAPA PILIH UMS ?

Hai hai semua, perkenalkan saya Farah Amalia Fitri mahasiswa UMS 2015/2016. Di sini saya akan memberikan pengakuan (?), pernyataan (?), penjelasan (?), dan alasan mengapa saya memilih Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang katanya peringkat 8 pada ajang TOP Indonesian Universities.

cats111

Jadi gini (katanya sih kalau ada awalan ‘Jadi gini’ bakal panjang urusannya) hahaha…

Tidak dipungkiri ya kita semua ingin masuk di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang terbaik, nggak usah muluk-muluk yang terbaik deh yang penting ‘Negeri’ aja adek udah seneng kok bang…Tapi apa daya kalau semua usaha dan doa sudah dikerahkan but hasil masih biasa-biasa aja. SNMPTN sudah, SBMPTN sudah, UM sudah tapi masih aja nggak lolos-loos dan pendaftaran pun udah mulai pada tutup, salah satu jalan yaitu mencoba untk mendaftarkan diri ke universitas yang masih membuka pendaftaran. Biasanya sih universitas yang masih buka pendaftaran mahasiswa baru kebanyakan universitas swasta, dan akhirnya I chose Universitas Muhammadiyah Surakarta.

UMS merupakan salah satu universitas swasta terbaik, UMS juga merpakan salah satu universitas swasta yang menurut saya masih dalam lingkup murah dibandingkan universitas swasta-swasta yang lain. Selain itu UMS juga masih di dalam Pulau Jawa, so..buat kamu yang nggak mau dan nggak boleh keluar Pulau Jawa, UMS bisa jadi salah satu alternative ya hehe..Bisa dikatakan UMS merupakan kampus hijau, mengapa ? Karena disetiap sudut-sudut kampus UMS terdapat tanaman hijau yang rimbun dan menambah nuansa islami, sesuai dengan slogannya yaitu ‘Wacana Keilmuan dan Keislaman’. UMS mengadakan berbagai program perkuliahan, misalnya :

  1. Double Degree, yaitu program yang memfasilitasi mahasiswanya untuk lulus dengan gelar dari dua universitas.
  2. Twinning Program, yaitu program yang memfasilitasi mahasiswanya untuk mengambil dua konsentrasi atau dua jurusan secara bersamaan
  3. Kelas International, yaitu perkuiahan yang diadakan di dalam ruang perkuliahan yang berisi mahasiswa dari luar negeri dan usually dosen juga dari luar negeri.
  4. Fast Track, yaitu program terusan S1-S2 dengan pendidikan yang ditempuh selama kurang lebih 5 tahun.

Selanjutnya Farah mau bahas tentang jurusan yang Farah pilih ya. Di UMS ini Farah pilih jurusan PGSD-Magister Pendidikan. Loh ? Kok baru masuk bisa langsung ambil magister ? Bisa dong, Farah jelasin ya. Pada tahun 2015 UMS membuka fakultas terusan, yaitu fakultas yang memfasilitasi mahasiswanya yang ingin kuliah S1 sekaligus S2 yang ditempuh dalam waktu kurang lebih 5 tahun. Jadi buat kamu yang ingin melanjutkan ke jenjang S2 dan nggak mau berlama-lama dalam masa perkuliahan bisa ambil program fast track ini ya. Nah selanjutnya, mengapa PGSD ? Padahal sih nggak suka sama sekali sama profesi guru, tapi ternyata jodohnya di keguruan. (Jodoh karir lho ya, bukan jodoh pendamping hidup). Singkat aja ya, Farah pilih PGSD karena kemauan orang tua, terutama Kanjeng Mamih (Ibu). Acuan Farah cuma satu, nurut sama orang tua insyaAllah berkah. J

Banyak yang Tanya juga “Apa fakultas terusan itu tes nya lebih susah dari program S1 ?” Tidak. Karena fakultas terusan ini pertama kali dibuka pada tahun Farah masuk, hehe..jadi point yang dibutuhkan masih sedikit dan kuota pun 20 mahasiswa dalam 1 program studi. Mungkin di tahun yang akan datang point yang dibutuhkan agak sedikit bertambah. Untuk tambahan, fakultas terusan ini hanya dimiliki oleh program studi tertentu ya, tidak semua program studi terdapat program fast track seperti ini.

Kehidupan di Solo juga relative lebih murah dibandingkan dengan di kota-kota besar lainnya, pergaulan pun tidak terlalu bebas, dan masih terkendali. Tapi semua itu baik lagi ke diri masing-masing ya kawan.

Jadi bagaimana kawan-kawan ? Apakah UMS jadi salah satu universitas yang kamu tuju ? Buat adek-adek, kak Farah tunggu di UMS ya, khususnya di PGSD FKIP UMS.

PGSD !! Cerdas..

One thought on “MENGAPA PILIH UMS ?

Leave a comment